Responsive Ads Here

Jan 15, 2014

Aristotles

Aristotles

(Tahun 384 SM - 322 SM)



Aristotle adalah seorang filsuf, ilmuwan, sekaligus pendidikan Yunani. Ia dilahirkan di Makedonia, sebagai putera seorang dokter yang secara pribadi melayani sang raja. Ketika masih kecil, Ayah Aristotle mengirimnya ke Athena untuk belajar di Acedemu of Plato. Plato mengenali dalam diri Aristotle yang ketika itu berusia 17 tahun, suatu hasrat berkobar-kobar untuk belajar; Aristotle tinggal di Academy Plato tersebut selama dua puluh tahun, pertama-tama sebagai murid lalu sebagai guru.

Pada tahun 335 SM. Aristoteles mendirikan semacam akademik di Lyceum, Athena. Disini ia memberikan kuliah, berpikir, mengadakan riset dan eksperimen serta membuat catatan-catatan dengan tekun dan cermat. Ia berbuat begitu selama 12 tahun. Ketika Alexander Agung meninggal pada tahun 323 SM. Aristoteles melarikan diri ke Chalchis karena takut dibunuh orang Yunani yang membenci pengikut Alexander. Tapi tahun berikutnya Aristoteles meninggal juga pada usia 62 tahun
Ada beberapa hasil beberapa hasil pemikiran Aristoteles antara lain :
  1. Phylo-Easy (Phylosophy is Easy ,Fisafat itu mudah )
  • Aristoteles merupakan filsuf barat terakhir yang mengetahui segala bidang ilmu. Dibidang ilmu pengetahuan ia memberikan sumbangan dibidang antonomi,geologi,meteorologi,fisika,biologi dan zoologi. Dibidang filsafat ia menulis ilmu etestika ,etika ilmu pemerintahan,metafisika, ilmu politik, physikology,retorika dan teologi. Sedangkan dibidang pendidikan yaitu ilmu budaya asing,sastra dan puisi.
  • Ia selalu menampilkan data yang sangat kaya dan terklasifikasi dengan baik. Karena  ilmiah dia dianggap Bapak ilmu Empiris dan Metode Ilmiah.
  • Dia berpendapat bahwa alam semesta ini bersifat teologis dan bertujuan. Jadi,keberadaan dan proses yang terjadi dialam semesta ini bergerak menurut sebuah tujuan tertentu.
  • Etika Aristoteles adalah manusia yang bertindak dengan pikiran yang rasional dan bijaksana untuk tujuan kebajikan.

No comments:

Post a Comment